Manfaat Mengganti Oli Motor Tepat Waktu

Manfaat Mengganti Oli Motor Tepat Waktu

Seobaru.com– Hai sobat seo, kembali lagi dengan Admin, pada kesempatan kali ini akan membagikan informasi seputar otomotif yaitu perawatan tentang Manfaat mengganti oli motor tepat waktu.

Para pengguna sepeda motor tiap harinya semakin banyak, sebab selain praktis juga beberapa aktivitas sehari – hari seperti berangkat bekerja juga sekolah banyak yang menggunakan transfortasi roda dua ini.

Untuk menjaga motor Anda tetap awet digunakan dalam berkendara, tentunya setiap kendaraan bermotor wajib melakukan ganti oli mesin sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Tujuannya, untuk tetap menjaga performa mesin agar tetap optimal. Ternyata bukan hanya menjaga performa mesin saja, mengganti oli mesin motor secara berkala sesuai dengan waktunya memiliki banyak manfaat.

Hal tersebut disampaikan oleh Nurudin, Technical Trainer PT PT ExxonMobil Lubricants Indonesia. Menurutnya, secara umum ada 5 Manfaat mengganti oli motor tepat waktu yang akan di dapat oleh pemilik kendaraan terutama motor diantaranya yaitu :

Manfaat Mengganti Oli Motor Tepat Waktu

Suhu Mesin Terjaga

Tentunya jika sering ganti oli secara rutin, suhu mesin menjadi lebih terjaga karena komponen dilumasi secara maksimal. Karena jika mesin tidak terlumasi dengan baik, maka dampaknya bisa sangat berbahaya, yakni membuat mesin jebol.

Komponen Mesin Lebih Awet

Manfaat kedua yaitu komponen mesin menjadi lebih awet karena sistem pelumas yang baru akan bekerja maksimal menjaga komponen. 

Seperti kita tahu bahwa seluruh komponen mesin saling bergerak dan bersentuhan satu sama lain, sehingga oli yang baik sangat penting untuk menjaga hal tersebut.

Hemat Bahan Bakar

Jika berkaitan dengan gesekan, otomatis jika gesekan rendah maka kinerja mesin akan menjadi ringan. Dengan begitu maka akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Performa Mesin Terjaga

Keuntungan selanjutnya, yaitu performa mesin menjadi terjaga atau optimal. Pada pelumas Federal Oil ada teknologi Visco Elastic Molecules, untuk meningkatkan kinerja dan akselerasi mekanikal atau tarikannya menjadi ringan.

Biaya Perawatan Ringan

Tentunya dengan benefit diawal tadi, otomatis biaya perawatan sepeda motor pun menjadi ringan karena sering mengganti oli sesuai dengan interval yang direkomendasikan. Sehingga mencegah risiko kerusakan berat pada mesin motor yang tentu saja membuat kantong Anda menjadi lebih irit.

“Kita merekomendasikan penggantian oli itu di kilometer 2.000 atau 2 bulan, mana yang lebih dulu tercapai. Lakukan sesuai itu agar kinerja mesin dan komponen serta biaya perawatan menjadi ringan,” pungkas Nurudin.

Manfaat lain yang bisa di dapatkan dari mengganti oli motor secara rutin ialah dapat menjaga mesin motor agar tetap bersih.

Sebab karena motor sering digunakan apalagi jika berjkendara pada jarak yang jauh akan terjadi gesekan pada mesin yang akan memicu timbulnya kotoran, untuk itu dengan adanya oli yang bagus pada motor akan sangat membantu, dan untuk mendapatkan ili yang bagus perlu diganti secara rutin.

Penutup

Demikian yang dapat disampaikan kali ini tentang Manfaat mengganti oli motor tepat waktu, semoga menambah wawasan dan bermanfaat, sekian dan terumakasih untuk kembali berkunjung ke seobaru.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.