Viral Hepatitis Dan Cara Mencegah Agar Tidak Tertular

Viral Hepatitis Dan Cara Mencegah Agar Tidak Tertular

Seobaru.com– Hallo sobat seo, semoga sobat dalam keadaan sehat selalu, jumpa kembali dengan Admin. pada kesempatan kali ini akan memberikan sobat informasi mengenai Viral Hepatitis dan cara mencegah agar tidak tertular.

Hepatitis adalah penyakit dengan jumlah kasus yang cukup tinggi di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Umumnya disebabkan oleh virus sehingga bisa menular kepada orang lain

Hepatitis adalah peradangan pada organ hati. Infeksi hepatitis biasanya disebabkan oleh virus hepatitis.Virus ini memiliki lima tipe utama yang disebut dengan tipe A, B, C, D, dan E. Kelimanya menular dengan cara yang berbeda dan menyebabkan jenis-jenis penyakit yang berbeda pula.

Penularan virus hepatitis bergantung pada jenisnya. Hepatitis A dan E biasanya menular melalui makanan atau air. Hepatitis B, C, dan D umumnya menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.

Gejala hepatitis dapat meliputi jaundice (kuning pada kulit dan mata), demam, rasa lelah yang berlebihan, hilang selera makan, mual, muntah-muntah, nyeri di area perut, urine berwarna gelap, tinja berwarna terang pucat, dan nyeri pada sendi. Dalam beberapa kasus, gejala-gejala ini ringan atau sama sekali tidak muncul.

Sama seperti penyakit menular lainnya, hepatitis bisa berkembang menjadi wabah di beberapa tempat. Sekitar akhir April 2022, WHO melaporkan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya terjadi di 20 negara.

Anda bisa melakukan berbagai cara sebagai antisipasi terhadap penularan penyakit hepatitis, begitu pun hepatitis akut misterius.

Viral Hepatitis Dan Cara Mencegah Agar Tidak Tertular

Upaya pencegahan sekecil apa pun tentunya dapat memutus penyebaran hepatitis dan menghindari wabah penyakit baru, untuk itu mari simak selengkapnya dibawah ini ada beberapa hal atau pencegahan agar tidak tertular penyakit hepatitis yaitu:

Vaksin Hepatitis

Salah satu cara pencegahan hepatitis yang pertama ialah vaksin hepatitis, alaupun sejauh ini hanya ada dua vaksi hepatitis yaitu A dan B.

Vaksin juga bermanfaat dan cara pencegahan paling efektif untuk menekan jumlah penyebaran kasus hepatitis. Karena diberikan pada orang yang beresiko terinfeksi dan nantinya tubuh orang tersebut akan membuat antibodi.

Antibodi tersebut akan berperan melewan virus bila sewaktu-waktu virus tersebut masuk kedalam tubuh.

Rutin Mencuci Tangan

Anda juga bisa menerapkan pola hidup bersih sehat. Menjaga kebersihan adalah kunci utama dari cara mencegah hepatitis, terutama jenis hepatitis yang belum memiliki vaksin, seperti C,D,E juga hepatitis akut atau misterius.

Salah satu pencegahan hepatitis yang perlu diterapkan adalah mencuci tangan. Cobalah untuk membiasakan diri mencuci tangan saat sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi dan ketika mengolah makanan.

Viral Hepatitis Dan Cara Mencegah Agar Tidak Tertular

Hindari Berbagai Jarum Suntik

Jarum atau alat kesehatan lain yang tidak steril bisa menjadi sarana penyebaran virus hepatitis.

Anda perlu waspada, terutama ketika bekerja sebagai petugas kesehatan yang berkontak langsung dengan penderita hepatitis.

Selain itu pemakaian jarum suntik sembarangan seperti tato atau penggunaan obat terlarang bisa menjadi penularan virus oleh karena itu harus dihindari.

Tidak Menggunakan Alat Kebersihan Bersama Dengan Orang Lain

Berbagi dengan orang lain memang bukan hal yang buruk. Namun, Anda tetap harus tahu kapan untuk berbagi suatu barang dengan orang lain.

Sebagai contoh, berbagi sikat gigi, alat cukur, gunting kuku, dan alat pribadi lainnya dapat meningkatkan risiko hepatitis, terutama hepatitis C. Terkadang pasien hepatitis tidak menunjukkan gejala.

Bila darah orang tersebut menempel di salah satu alat kebersihan Anda, kemungkinan virus dapat masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, Anda berisiko terjangkit hepatitis.

Itu sebabnya, usahakan untuk memilih barang mana yang bisa dipakai bersama dan mana yang memang harus digunakan sendirian sebagai cara pencegahan hepatitis.

Menjaga Kebersihan Makanan Dan Minuman

Makanan dan minuman yang terkontaminasi virus dapat menjadi rute penularan hepatitis. Salah satu jenis virus hepatitis yang sering ditularkan lewat makanan dan minuman adalah A dan E.

Beberapa makanan mentah, seperti kerang, cenderung berisiko menjadi medium berkembangnya virus penyebab hepatitis.

Maka dari itu, usahakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang matang, bersih, dan diolah dengan higienis.

Bila Anda makan di luar, pilihlah makanan yang dijamin matang. Sementara itu, ketika sedang melakukan perjalanan ke luar kota dan sanitasi di lingkungan sekitar tidak bersih, sebaiknya minum air mineral kemasan.

Selain menjaga kebersihan makanan juga hendaknya tidak berbagi alat makanan dengan orang lain dan menjaga kebersihan tempat makanan.

Penutup

Demikian itulah Viral Hepatitis dan cara mencegah agar tidak tertular. bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama menjaga pola hidup sehat. semoga bermanfaat, Sekian dan terimakasih untuk kembali mengunjungi seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.