Makanan Khas Nusantara Pada Hari Kemerdekaan

Seobaru.com, Hallo sobat semuanya yang mungkin pada hari ini sedang merayakan hari kemerdekaan pada artikel kali ini akan memberikan informasi tentang makanan khas nusantara pada hari kemerdekaan.

Tanggal 17 agustus yang jatuh pada hari ini yaitu hari selasa, merupakan hari yang spesial bagi seluruh rakyat indonesia karena merupakan hari kemerdekaan. Berbagai kegiatan dilakukan oleh seluruh masyarakat untuk memperingati hari kemerdekaan.

Juga sebagai makna menghormati dan mengenang para pahlawan yang telah gugur berjuang dalam mencapai kemerdekaan.Salah satu yang dilakukan ialah mengadakan berbagai kegiatan lomab, yang di ikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa.Seperti lomba makan krupuk, balap karung, panjat pinang juga tarik tambang dan lainnya.

Pada HUT RI inipun masyarakat mengadakan acara makan bersama, berbagai makanan khas daerah di sajikan untuk disantap bersama keluarga tercinta, sahabat, juga krabat. Suasana perayaan HUT RI juga sangat meriah dengan adanya perlombaan dan beberapa makanan yang disajikan yang disantap bersama-sama, berikut makanan khas nusantara pada hari kemerdekaan.

Krupuk

Makanan pelengkap ini yaitu krupuk sangat identik dengan hari perayaan 17 agustus, dikarenakan selalu ada, apalagi krupuk juga selalu dijadikan lomba yaitu lomba makan krupuk yang di ikuti oleh anak-anak, di ikuti misalnya oleh 5 orang anak, mereka berlomba-lomba menghabiskan makan krupuk tanpa menggunakan tangan.

Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng kuning juga suka ada dalam sajian setiap hari peringatan 17 agustus, kuliner ini selalu menjadi primadona dalam setiap hari perayaan di indonesia, makna dari nasi tumpeng ini dikaitkan sebagai rasa sukur terhadap yang maha kuasa setelah mencapai sesuatu.

Nasi tumpeng kuning ini berbentuk krucut menjulang tinggi seperti gunung disajikan bersama berbagai macam lauk pauk seperti potongan ayam goreng atau suiran ayam, telur dadar, tempe, perkedel juga di hiasi sayuran seperti tomat cabe merah menjadi hiasannya menambah suasana meriah juga rasanya yang lezat.

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom ialah nasi yang dicampur dengan oseng oncom yang telah di olah dicampur dengan aneka rempah terutama kencur. Rasanya yang enak juga khas selalu ada dalam setiap perayaan juga pada hari perayaan kemerdekaan nasi tutug oncom ini kerap kali di buat.

Nasi Tumpeng Merah Putih

Nasi ini persis sama dengan nasi tumpeng kuning pada bahan dasarnya juga bentuknya yang mengkrucut seperti gunung, perbedaannya hanya terletak pada warnanya yaitu nasi merah ditaruh diatas dan nasi putih dibawahnya yang melambangkan warna bendera indonesia merah dan putih.

Ayam tutugara

Kuliner ayam ini yang berasal dari manado dan merupakan ciri khasnya, juga selalu ada disetiap perayaan.Penyajiannya mirip seperti opor ayam yang menggunkan banyak rempah terutama kunyit, karena opor ayam juga selalu disajikan dalam setiap perayaan besar,

Telok Abang

Makanan selanjutnya yang ada dalam perayaan HUT RI ialah telok abang. Yaitu makanan khas daerah asal palembang sumatera selatan. Telok abang adalah olahan dari telur bebek atau telur ayam, yang diolah dengan cara direbus dan identik berwarna merah.

Telok abang ini biasanya di jual satu set dengan miniatur yang berisikan perahu, becak , bus, mobil dan jembatan. Telok abang di tancapkan diminiatur tersebut sehingga tampak menarik perhatian.

Klepon Merah Putih

Makanan atau cemilan selanjutnya yang selalu ada pada hari perayaan HUT RI ialah klepon, seperti klepon pada umumnya yang di buat dari tepung beras ketan yang di isi toping gula merah di dalamnya membuat sensasi rasa ketika menggigitnya, Cuma klepon pada hari perayaan HUT RI diwarnai dengan warna merah juga putih.

Penutup

Demikian artikel kali ini tentang makanan khas nusantara pada hari kemerdekaan yang selalu disajikan, apapun itu kegiatan atau makanan yang disajikan pada hari ini tanggal 17 agustus, merupakan rasa syukur kita semua terhadap tuhan yang maha kuasa Allah SWT.

Semoga Indonesia negara tercinta ini semakin jaya kuat makmur gemah ripah loh jinawi, sekian dan terimakasih untuk selalu berkunjung ke artikel seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.