Pola Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Pola Tidur Yang Untuk Kesehatan Tubuh

Seobaru.com-Hai sobat semuanya jumpa lagi, pada kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang Pola Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dalam hidup semua orang untuk beristirahat, sekaligus mengisi ulang energi tubuh. Bukan hanya sekadar tidur, Anda harus tidur yang cukup agar tubuh bisa berfungsi dengan baik dan benar. Sebab,kekurangan tidur bisa mengganggu fungsi tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk anda memenuhi kebutuhan tidur setiap hari. Lalu, berapa jam waktu tidur yang baik, benarkah perlu tidur 8 jam setiap hari, berapa Lama Jam Tidur Yang Baik,mungkin itu kebanyakan yang beberapa orang ingin ketahui.

Waktu Tidur Yang Baik Sesuai kebutuhan

 Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, harus bisa memenuhi waktu tidur yang baik Apalagi, kurang tidur juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Umumnya, jam tidur yang baik untuk memenuhi kebutuhan adalah 7-8 jam setiap malam. Namun , Anda juga perlu mempertimbangkan faktor-pfaktor tertentu yang mungkin dapat mengaruhi jam tidur. Sebagai contoh, aktivitas Anda sehari- hari serta kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Selain itu, Anda juga perlu menerapkan pola tidur dan rutinitas tidur yang baik untuk mendapatkan manfaat dari menerapkan jam tidur yang baik setiap hari. Sebab, jika pola tidur Anda tidak teratur, risiko tidak mendapatkan tidur yang cukup akan semakin meningkat.

Jadi, Anda akan mengalami berbagai gangguan tidur. Tak hanya itu, ada banyak masalah kesehatan lain yang akan timbul, jika anda tidak dapat tidur cukup. Beberapa di antaranya adalah obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, bahkan gangguan mental.

Jam tidur yang baik berdasarkan usia

Jam tidur yang baik untuk tipe kelompok usia pun berbeda-beda.Karena kebutuhan tidur bagi setiap kelompok usia tak sama di kutif dari sumber National Sleep Foundation merekomendasikan jam tidur yang baik untuk masing-masing kelompok usia sebagai berikut:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jamsetip hari.
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setip hari.
  • Pra sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setip hari.
  • Balita (1-2 tahun ): 11-14 jam setip hari.
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari.
  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setip hari.
  • Dewasa muda(18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Dewasa(26- 64 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Lansia(65 tahun keatas): 7-8 jam setiap har.

Dengan menerapkan jam tidur yang baik setiap hari, Anda akan mendapatkan manfaat tidur secara maksimal. Selain itu, semua organ yang lelah setelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon dalam tubuh.

Sel dalam tubuh akan bergenerasi saat Anda tidur pada tingkat paling maksimal. Oleh karena itu, tak jarang,jika tidur sesuai dengan rekomendasinya, kulit Anda akan terlihat sehat dan kencang. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkatkan karena sel-sel akan diperbarui.

Oleh karena itu kita harus mencukupi waktu untuk tidur dan juga menerapkan pola tidur yang baik, namun kadangkala ada beberapa paktor yang menghambat pola tidur yang baik diantaranya:

Melakukan aktifitas atau hobi

Ketika sedang beraktivitas kadang-kadang menjadi lupa waktu. Padahal, hal tersebut menjadi salah satu paktor penghambat untuk menerapkan jam tidur yang baik setiap malam.

Kebiasaan seperti membaca buku, menonton film, atau bermain game sebelum tidur menyebabkan lupa waktu. Jadi, bukannya mengantuk, Anda justru semakin terjaga dan tidak berhasil menerapkan waktu tidur yang baik untuk kesehatan.

Mengalami masalah kesehatan.

Terkadang saat sedang sakit Anda menjadi susah tidur. Bahkan, sekalipun sudah berada di atas tempat tidur semalaman, masalah kesehatan yang sedang Anda alami membuat tidak bisa tidur nyenyak.

Penyakit seperti demam, mendengkur atau ngorok, mengigau, hingga sering terbangun tengah malam.Hal ini tentu saja mengurangi kualitas tidur.

Meski Anda sudah menerapkan jam tidur yang baik, tetapi gangguan tidur yang Anda alami akibat masalah kesehatan tersebut membuat tidur pun menjadi tak nyaman.Hal ini yang dapat menggangu waktu tidur Anda.

Melakukan Pekerjaan

Ketika anda ingin menerapkan jam tidur yang baik, tapi karena tanggung jawab yang harus di penuhi. Seperti harus bekerja atau profesi Anda.Seperti harus bekerja dengan sistem shift, sehingga adakalanya harus bekerja pada malam hari.

Pekerjaan yang mengharuskan Anda menjalani sistem tersebut sering kali menggangu siklus tidur Anda. Tak hanya itu, profesi lain seperti dokter dan kru perawat juga memiliki tuntutan profesi yang terkadang harus dipenuhi hingga menggangu waktu beristirahat.

Mengalami Ganguan Tidur

Secara umum jika seseorang mengalami gangguan tidur, kualitas tidur pun akan terganggu. Hal ini juga memberikan pengaruh terhadap jam tidur. Artinya, saat Anda mengalami  gangguan tidur, risiko tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup pun akan semakin besar.

Ada beberapa jenis gangguan tidur yang memberikan pengaruh jam tidur.Diantaranya ialah, sleep apnea, mengorok, hingga periodice limb movement disorder (PLMD) semua itu bisa menyebabkan seseorang tidak mendapat tidur yang baik.

Mengkonsumsi Obat- Obatan Tertentu

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat membuat Anda menjadi kurang tidur. Biasanya, obat-obatan tersebut adalah jenis obat untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu. Tanyakan dulu pada dokter tentang epek samping dari obat tersebut.

Jika kurang tidur menjadi salah satu dari efek samping obat tersebut, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter bagaimana cara mengatasinya. Berapa jenis obat yang dapat mengganggu usaha anda dalam menerapkan jam tidur yang baik adalah obat epilepsi hingga attention deficit hyperactivitty disorder (ADHD) dapat menyebabkan insomnia.

Memiliki Rutinitas Tidur Yang Buruk

Menurut Better Health channel, rutinitas tidur yang baik juga dapat mendukung Anda dalam mendapatkan jam tidur sesuai kebutuhan. Sebaliknya, rutinitas tidur yang buruk justru dapat membuat tidur Anda terganggu.

Diantara kebiasaan yang kurang baik adalah minum kopi atau meroko sebelum tidur. Sebab kedua hal tersebut dapat menstimulasi sistem saraf sehingga membuat Anda sulit untuk merasa ngantuk.

Juga selain itu, pastikan setiap berada di atas tempat tidur, hilangkan kecemasan dan pikiran-pikiran negatif yang dapat membuat Anda terus terjaga. Dengan begitu, Anda bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Karena dengan banyak pemikiran atau stres akan membuat terjaga dan tak bisa tidur.  

PENUTUP

Demikian penjelasan atau informasi kali ini tentang Pola Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk selalu berkunjung ke artikel seobaru.com.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.