Ini Jurusan Kuliah Untuk Anak Kimia

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang suka berlama-lama di lab kimia tentunya sangat spesifik – enggak jauh-jauh dari mata pelajaran Kimia juga. Namun perlu diingat, kalian yang menyukai pelajaran Kimia enggak bakal kuliah dan bekerja di lab kimia saja.
Jangan berpikir jurusan dan pekerjaan yang terkait dengan kimia itu cocoknya buat introver. Cuma karena selama ini kalian revel in masuk lab, bukan berarti kuliah di jurusan yang berhubungan dengan kimia bakal membuatmu berada di lab lebih lama. Enggak gitu juga, Sobat.

Di bidang kimia, ada beberapa jurusan dan pekerjaan tertentu yang membuatmu harus berkolaborasi dengan lebih banyak orang. Nah, sebelum nyemplung ke jurusan dan pekerjaan yang ujung-ujungnya membuatmu merasa terjebak dan berada di tempat yang salah, ada baiknya kamu cek-cek dulu apakah jurusan-jurusan kuliah yang sedang kamu pertimbangkan saat ini memang sesuai dengan kepribadianmu atau tidak.

Terus, apa saja jurusan kuliah IPA buat kalian yang menyukai pelajaran Kimia? Sebagai bahan pertimbangan buatmu Sobat, ini dia beberapa jurusan yang berhubungan dengan kimia.

  1. Kimia

Oke, kamu menyukai pelajaran Kimia dan mencari alternatif jurusan kuliah sesuai mata pelajaran favoritmu itu. Hampir bisa dipastikan pilihan pertamamu adalah… Kimia!

Namun sebenarnya kalian enggak harus banget kuliah di Kimia FMIPA, loh. Kalian juga bisa kuliah di Teknik Kimia atau Tadris Kimia jika tertarik pada prospek mengajar Kimia. Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia juga bisa menjadi pilihan jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran Kimia.

  1. Teknik/Rekayasa

Teknik atau rekayasa sedari dahulu sudah terkenal sebagai jurusan kuliah untuk anak IPA. Buat kalian yang menyukai pelajaran Kimia, bisa banget loh, kuliah dan bekerja di bidang teknik atau rekayasa.

Di atas sudah disebutkan Teknik Kimia. Ada lagi nggak nih, pilihan jurusan teknik yang lain? Sebenarnya banyak banget pilihan jurusan IPA di bidang teknik atau rekayasa, seperti Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Dirgantara, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Komputer, Pendidikan Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Pertambangan, Teknik Logistik, Teknik Lepas Pantai, Teknik Geomatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Keselamatan Kebakaran, Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, Rekayasa Kosmetik, Rekayasa Sistem Komputer, Rekayasa Minyak dan Gas, Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Rekayasa Kehutanan, Rekayasa Nanoteknologi, Rekayasa/Teknik Industri, Manajemen Rekayasa, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, serta Bio Medis dan Rekayasa Hayati. Meskipun tak semua jurusan teknik di atas adalah jurusan yang berhubungan dengan kimia secara langsung, sebagai anak IPA semestinya kamu takkan merasa menjadi alien banget saat kuliah di salah satu jurusan tersebut nanti.

  1. Kedokteran

Ini dia, jurusan dan pekerjaan idamannya banyak anak IPA. Mungkin kamu berpikir bahwa Kedokteran lebih terkait dengan biologi, padahal enggak juga, Sobat. Misalnya, untuk mengenali massa tubuh manusia saja, kita harus belajar tentang oksigen, karbon, nitrogen, hidrogen, fosfor, dan kalsium. Bukankah kamu mengenal unsur-unsur itu di kelas Kimia?

Di beberapa kampus, Kedokteran disebut Pendidikan Dokter. Setelah lulus kuliah, kamu masih harus kuliah Program Profesi Dokter untuk menjadi dokter umum. Masih ada satu lagi jurusan kuliah terkait biologi dan kedokteran, Sobat Pintar, yaitu Teknologi Kedokteran.

Four. Kedokteran Gigi

Masih sama-sama di bidang kedokteran, hanya saja Kedokteran Gigi secara spesifik mempelajari tentang kesehatan gigi. Kedokteran Gigi juga merupakan jurusan IPA favorit nih, Sobat. Di beberapa kampus, jurusan ini bernama Pendidikan Dokter Gigi.

Five. Kedokteran Hewan

Alternatif kuliah kedokteran adalah di Kedokteran Hewan. Jika kamu memang tertarik dengan jurusan dan pekerjaan kedokteran, kuliah Kedokteran Hewan juga bisa dipertimbangkan loh, Sobat Pintar. Jurusan ini dikenal sebagai Pendidikan Dokter Hewan di beberapa kampus.

  1. Farmasi

Farmasi adalah salah satu jurusan yang berhubungan dengan Kimia. Bahkan mungkin kita dapat dengan mudahnya nyambungin antara farmasi dan kimia. Paling enggak, kita punya bayangan bahwa meracik obat-obatan itu “kimia banget.” Iya ga, sih?

Jadi, enggak salah juga kalau Farmasi menjadi salah satu incaran jurusan kuliah bidang kimia yang utama. Alternatif jurusan ini antara lain Farmasi Klinik dan Komunitas, Farmasi Klinis, serta Farmasi Klinis dan Komunitas.

  1. Gizi

Gizi juga menjadi salah satu jurusan kuliah untuk anak IPA yang banyak banget peminatnya. Jurusan ini dikenal juga sebagai Ilmu Gizi atau Ilmu Gizi Masyarakat dan Keluarga di beberapa kampus.

Eight. Teknologi Pangan

Urusan pangan sejatinya melibatkan banyak sektor. Tak hanya biologi dan pertanian dalam menangani tanam-menanam, tetapi juga ekonomi dalam hal pemasaran. Di samping itu, ada proses pengolahan di antara penanaman tanaman pangan dan pemasarannya. Nah, di situlah kimia mengambil peran. Jadi kalau kamu harus memilih jurusan sesuai mata pelajaran favorit, pertimbangkan juga untuk kuliah di jurusang pangan. Kamu yang menyukai pelajaran Kimia dapat memilih kuliah Teknologi Pangan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Pangan dan Nutrisi, Ilmu Teknologi Pangan, Teknik Pangan, ataupun Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.
Kalau begitu, manakah jurusan IPA di atas yang bakal kamu pilih, Sobat Pintar? Kalau kamu masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah, itu wajar banget. Siapa sih, di antara kita yang enggak pernah mengalami masa-masa galau memilih jurusan kuliah?

Pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA itu biasanya entah merupakan jurusan yang berhubungan dengan matematika atau mata pelajaran IPA yang lain. Namun jika kamu masih bingung juga, triknya adalah mengetahui apa saja hal-hal penting yang harus kamu eksplorasi terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan, Sobat. Dengan fokus pada hal-hal yang penting, seperti minat dan kemampuan, kita akan merasa lebih mudah menentukan jurusan kuliah bidang kimia manakah yang lebih tepat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *