Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit/Debit

Seobaru.com -Berjumpa kembali bersama admin yang akan membahas judul menarik mengenai Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit/Debit

Masalah penipuan Kartu Kredit/Debit dimulai ketika pencuri menemukan cara untuk mendapatkan informasi rahasia seperti rincian rekening bank dari korbannya.

Bahkan masalah semacam ini menjadi aksesori untuk pencurian identitas. Ini dimungkinkan jika pencuri mengetahui semua informasi yang diperlukan tentang Anda.

Mereka dapat menggunakannya untuk keuntungan mereka dengan mengklaim sebagai Anda dan menggunakan kartu kredit Anda untuk transaksi pribadi mereka.

Sering kali kejadian seperti itu tidak segera terdeteksi sampai korban menerima laporan tagihan atau laporan rekening bank dan mulai memperhatikan pembelian yang tidak perlu yang bahkan tidak mereka lakukan.

Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit/Debit

Situasi seperti ini selalu dapat dicegah. Untuk membantu Anda mendapatkan ide bagaimana menghindari penipuan kartu kredit, berikut adalah beberapa daftar tentang apa yang harus Anda lakukan dan tidak lakukan untuk memastikan kartu Anda aman.

Informasi terkait kartu kredit/debit Anda bersifat rahasia

Anda tidak boleh membocorkannya kepada siapa pun. Jika Anda membeli barang secara online, pastikan perusahaan tersebut sah. Bahkan penelitian lebih lanjut tentang perusahaan itu sebagai tindakan pencegahan.

Selalu perlakukan kartu kredit/debit Anda seperti uang tunai

Jika Anda mengambil tindakan ekstra untuk memastikan bahwa uang tunai Anda aman atau untuk mencegah diri Anda dirampok, lakukan hal yang sama untuk kartu Anda juga.

Ingatlah bahwa kartu lebih berharga seperti uang tunai. Jika Anda kehilangan kartu, beberapa orang mungkin memanfaatkannya dengan membeli barang dan/atau jasa.

Kelemahannya adalah jika batas kredit Anda tinggi, mereka akan senang berbelanja. Dibandingkan dengan uang tunai, mereka hanya dapat membeli produk yang bergantung pada berapa banyak uang tunai yang mereka curi.

Pastikan kartu kredit Anda memiliki tanda tangan anda

Gunakan spidol permanen agar tidak terhapus setiap kali Anda menggunakannya. Tanda tangan yang tertera pada kartu akan digunakan oleh kasir sebagai referensi saat Anda menandatangani kwitansi.

Jika tanda tangan tidak cocok, kasir akan secara otomatis memberi tahu pihak berwenang atau atasannya tentang kemungkinan aktivitas penipuan.

Selalu simpan salinan semua kwitansi

Ketika laporan tagihan Anda tiba, periksa kembali ke kuitansi yang Anda miliki. Jika tidak bertambah, hubungi penerbit kartu kredit Anda. Juga jika ada transaksi yang tidak Anda kenal, beri tahu juga.

Beri tahu bank mengenai perubahan alamat

Pastikan beritahu perusahaan kartu kredit Anda bahwa Anda akan mengalami perubahan alamat. Ini akan memastikan bahwa laporan rekening bank atau laporan tagihan Anda langsung sampai kepada Anda.

Jika Anda tidak memberi tahu mereka, orang lain mungkin akan mengambilnya dan menggunakannya untuk melawan Anda.

Jika Anda kehilangan kartu kredit/debit, segera beri tahu bank dan/atau penerbit kartu kredit Anda. Tindakan ini secara otomatis akan menghalangi semua transaksi yang dilakukan setelah Anda melaporkannya kepada mereka.

Jika ada transaksi yang dilakukan setelah Anda melaporkannya, bank atau penerbit kartu kredit Anda dapat segera menindaklanjutinya.

Sekarang Anda tahu apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari menjadi korban penipuan kartu kredit, pastikan Anda selalu mengingat hal ini. Ingat, menjadi korban penipuan kartu kredit adalah sebagian tanggung jawab Anda.

Jika Anda lebih waspada dalam mengambil tindakan ekstra untuk memastikan bahwa Anda tidak termasuk dalam kategori ini, Anda tidak perlu mengalaminya. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dalam bertransaksi dengan kartu kredit/debit Anda.

Penutup

Terima kasih karena kalian telah membaca pembahasan kali ini mengenai Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit/Debit. Jangan lupa untuk mampir kembali di Seobaru.com agar kalian mendapatkan info menarik dan terupdate lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.