Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot Atau Lelet

Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot Atau Lelet

Seobaru.com– Hallo semuanya kembali lagi bersama kami di artikel Seobaru di sini, kali ini admin akan membahas tentang perleptopan. Mungkin anda sekarang sedang mengalami masalah Laptop dengan kondisi yang lemot atau tidak bisa di gunakan. Nah di sini kami akan memberitahukan bagaimana sih caranya memperbaiki laptop yang lemot dan tidak bisa di gunakan tersebut.

Mengalami kondisi Laptop yang lemot apalagi tidak bisa di gunakan memang membuat kita sangat jengkel dan marah, apalagi di mana situasi laptop saat itu sedang di butuhkan sekali.

Kondisi laptop yang sudah lama memang membuat kinerjanya selalu semakin menurun proses loadingnya makin hari semakin lama, atau membuka sebuah aplikasi tidak secepat dulu. Karena layaknya produk elektronik lain laptop juga bisa mengalami penurunan performa dan ini merupkan hal yang wajar walaupun spesifikasinya tinggi.

Sebelum anda memperbaiki dan membawanya ke tukang service laptop, terlebih dulu anda harus mengetahui kenapa penyebab laptop itu lemot dan tidak bisa di gunakan.

Penyebab Laptop Lemot

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan performa laptop menjadi lemot, dan umumnya, masalah-masalah berikut yang menjadi penyebab utamanya. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda jadi bisa mengambil langkah pertama perbaikan. Siapa Anda bisa mengatasi laptop yang lemot secara mandiri tanpa harus dibawa ke servis center.

  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background dan otomatis aktif saat diaktifkan, hal ini akan membuat kinerja perangkat jadi berat dan membutuhkan proses booting yang lebih lama
  • Umur harddisk sudah terlalu lama, dimana proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya. efeknya akan berpengaruh pada performa laptop secara keseluruhan
  • Kapasitas harddisk yang sudah penuh, menyebabkan kinerja semakin berat dan membuat laptop menjadi lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

  • Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Jika sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun jika kita terlalu banyak menginstal aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk.

  •  Memakai Antivirus Pencegahan

Salah satu alasan harus memakai Antivirus pada laptop adalah karena laptop sering terkena virus atau malware. Layaknya manusia, laptop juga bisa terkena penyakit yang berakibat pada menurunnya performa laptop.

  • Pakai Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Solusinya, jangan memaksakan kemampuan laptop. Pilihlah aplikasi alternatif atau yang spesifikasinya lebih rendah, sebagai salah satu cara membuat laptop tidak lemot. Dengan spesifikasi yang tepat dan sesuai, maka Anda bisa mengatasi laptop lemot, dan membuat performanya semakin baik dan terawat.

  • Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Memaksakan kinerja RAM dengan menyalakan aplikasi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Sebagai contoh, ketika kita sedang bermain game, kita sering ikut membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan. Padahal, memperoses game saja sudah berat, tapi masih ditambah dengan pemutar musik. Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop Anda.

  • Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop

Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop startup, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan Kapasitas RAM.

Akhir Kata

Begitulah informasi bagaiman Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot Atau Lelet yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat membantu terimakasih.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.