Kriteria Makanan Yang Sehat Bernutrisi

Seobaru.com. Halo sobat setia seo, kembali lagi bersama admin pada artikel kali ini akan membahas tentang beberapa kriteria makanan yang sehat bernutrisi.

Agar kesehatan tubuh terjaga juga daya tahan tubuh kuat, kita memerlukan makanan yang sehat.Juga dengan mengkonsumsi makanan sehat dapat terhindar dari penyakit.

Beberapa makanan yang sehat seringkali di abaikan karena kurang memiliki cita rasa yang ni”mat, namun banyak juga makanan sehat yang memiliki rasa yang lezat dan ni”mat.

Makanan yang lezat lebih banyak di sukai oleh banyak orang tanpa memperdulikan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Padahal mengkonsumsi makanan yang sehat akan sangat baik bagi kesehatan,juga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, sekalipun kita terserang penyakit, tubuh dapat melawannya karena daya tahan tubuh kita kuat.

kriteria makanan yang sehat bernutrisi tidak terpaku pada satu jenis makanan atau beberapa makanan, karena mengkonsumsi makanan yang sehat juga bernutrisi dengan berbagai jenis dapat menghasilkan nutrisi yang beragam bagi kesehatan karena dapat melengkapi kebutuhan gizi seimbang.

Vitamin dan mineral termasuk makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Berikut beberapa kriteria makanan yang sehat bernutrisi :

Makanan Yang Bergizi

Kriteria makanan yang sehat bernutrisi ialah yang harus memenuhikebutuhan gizi tubuh atau makanan yang bergizi.

Makanan yang bergizi dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak , mineral, juga serat.

Namun karbohidrat yang disarankan lebih baik di konsumsi ialah karbohidrat kompleks, karena mengkonsumsinya membutuhkan proses pencernaan yang lama sehingga gula darah tetap terjaga.

Selain itu karbohidrat kompleks membuat kenyang lebih lama oleh karena itu sangat cocok bagi orang yang sedang diet.

Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantanya ialah beras merah, kentang, singkog, ubi, talas, oatmeal serta gandrum.

Sedangkan jenis karbohidrat sedang terdapat pada nasi putih dan roti putih.

Makanan Berimbang

kriteria makanan yang sehat bernutrisi selanjutnya ialah jenis makanan yang berimbang .

Makanan berimbang terdiri dari 50% karbohidrat,30% protein, dan sisanya serat juga mineral serta lemak baik.

lemak ada yang baik ada yang tidak baik. Lemak yang baik bagi tubuh yang harus dikonsumsi ialah yang terdapat pada buah Alpukat dan kacang-kacangan.Seperti tempe karena termasuk makanan yang mengandung prebiotik sebab hasil permentasi dari kacang kedelai.

Makanan yang Beragam

kriteria makanan yang sehat bernutrisi selanjutnya ialah kita harus konsumsi berbagai macam makanan, miasalnya jika kita hari ini mengkonsumsi,ikan sayur brokoli dan buah jeruk, besoknya kita harus mengganti dengan sayuran atau menu yang lainnya.

Karena semakin beragam makanan sehat yang kita konsumsi maka banyak nutrisi yang akan diserap oleh tubuh, dan membuat tubuh semakin sehat.

Juga yang harus kita perhatikan cara proses memasaknyapun bisa dengan menggunakan teknis pengukusan atau bisa dipanggang jangan sering digoreng.

Makanan Yang Bersih

kriteria makanan yang sehat bernutrisi juga harus bersih, sebab kebersihan merupakan awal dari kesehatan.

Sebelum memasak makanan terlebih dahulu kita harus mencuci tangan, bahan -bahan makanan seperti sayuran, ikan, daging dan sebagainya harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah.

Dan alat-alat untuk memasaknyapun harus bersih. Sehingga makanan yang kita hasilkan benar-benar higienis dan bernutrisi.

Apalagi saat vandemi kali ini kita harus benar-benar menjaga asupan makanan agar daya tahan tubuh kuat.

Demikian artikel kali ini, jangan lupa umtuk kembali berkunjung ke seobaru.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *